Kesehatan, Lifestyle, News

Bahayakah Suntik Vitamin C?

Kegagalau.com – Kulit kusam menjadi sebuah gangguan bagi banyak orang saat ini. Banyak orang yang masih saja ingin mempercerah kulit alami dan bersih mereka dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan vitamin C.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin C ini dapat digunakan untuk membantu penyembuhan luka, membantu penyerapan zat besi, hingga kesehatan gigi maupun kesehatan tulang. Vitamin C juga mempunyai keunggulannya tersendiri dalam menutrisi kulit, seperti: kandungan antioksidan tinggi yang mampu melindungi kulit dari pengaruh negatif faktor luar (polusi, matahari, iklim, AC, asap rokok, dan sebagainya), merangsang pembentukan dan peningkatan produksi kolagen kulit, menjaga kekenyalan kulit, kehalusan, kelenturan, serta mencerahkan warna kulit.

Lalu, berapakah kadar normal dan batasan vitamin C yang mampu ditampung oleh tubuh manusia? Peneliti dari University of Michigan, Mark Moyad mengatakan bahwa penting sekali mengetahui kebutuhan Vitamin C untuk tubuh. Dengan terpenuhinya vitamin C dalam tubuh, kita menjadi mampu melindungi kesehatan diri, mulai dari jantung, kanker, kesehatan mata, kulit, kekebalan tubuh, hingga stroke sekalipun.1 Moyad menyampaikan bahwa tubuh manusia idealnya mendapatkan asupan vitamin C sebanyak 500mg setiap harinya, angka tersebut tentunya lebih tinggi dari yang direkomendasikan oleh  Recommended Dietary Allowances (RDA) di Amerika Serikat, sebesar 75-90 mg per hari untuk orang dewasa. Selain mengkonsumsi buah dan sayur, diperlukan juga suplemen makanan untuk mendapatkan manfaat yang lengkap.

Batas vitamin C maksimal yang dapat diberikan pada tubuh perhari adalah 2000mg, walau dengan 500mg saja sudah cukup memberikan hasil”, sahutnya. Inilah sebabnya mengapa beberapa dari kita menggunakan vitamin C suntikan demi tercapainya kebutuhan maksimal tubuh.2

Banyak orang yang bertanya-tanya tentang perbedaan suntikan vitamin C dengan hanya mengkonsumsinya lewat buah-buahan, sayuran, maupun suplemen tambahan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pengunaan suntik vitamin C yang lebih cenderung untuk tujuan kecantikan. Dalam hal kecantikan, tubuh membutuhkan dosis yang lebih tinggi agar sampai ke kulit. Vitamin C melalui saluran cerna mengalami proses absorbsi terlebih dahulu, kemudian akan didistribusikan ke seluruh tubuh dan pembuluh darah. Itulah sebabnya untuk memperoleh efek kecantikan, diperlukan dosis sebanyak 1000mg yang tersedia sudah dalam bentuk larutan. Sebelum dilakukannya penyuntikan, pemeriksaan fungsi ginjal dan hati menjadi salah satu prosedur utama. Hal ini untuk mengetahui apakah fungsi ginjal dan hati masih berada dalam ambang batas normal atau tidak dari hasil pemeriksaan.

Sama seperti dengan hal lainnya, sesuatu yang berlebihan pastilah tidak baik. Vitamin C dengan dosis lebih dari 1g/hari dapat menyebabkan diare. Hal ini terjadi karena efek iritasi langsung pada mukosa usus yang meningkatkan peristaltik. Dosis besar juga dapat meningkatkan bahaya terbentuknya batu ginjal, karena sebagian besar vitamin C diproses dan diekskresikan sebagai oksalat yang bisa memicu batu ginjal. Pengunaan vitamin C dosis lama dan besar juga dapat menyebabkan ketergantungan, sehingga vitamin C dapat menimbulkan rebound scurvy. Namun tidak usah kuatir, hal ini dapat diatasi dengan mengurangi penggunaan vitamin C secara bertahap.

Kesimpulannya, tidak masalah jika ingin mengkonsumsi vitamin C dengan oral yang berasal dari makanan dan suplemen, atau dengan suntikan. Namun Perbedaannya adalah vitamin C yang diperoleh tubuh dengan cara suntikan akan memberikan penyerapan yang cukup efektif dikarenakan langsung ditujukan pada pembuluh darah vena.3 Berbeda dengan vitamin C yang kita peroleh dari buah, sayuran, maupun suplemen, membutuhkan proses yang lebih panjang dikarenakan harus diserap terlebih dahulu oleh tubuh.

Back To Home

Ditulis oleh : Dhian Lydia
Disunting oleh : Reza Pahlevi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s