Kesehatan, Lifestyle, News

Air kencingmu, Hidup-Matimu

Kegagalau.com – Pernahkah kita sadari, hal sesederhana buang air kecil ternyata begitu penting? Kita pasti tahu bahwa manusia harus minum banyak air putih dalam sehari. Berapa banyak? Benarkah harus 8 gelas per hari?

Saran ini berasal dari rekomendasi Badan Makanan dan Gizi dari Dewan Riset Nasional Amerika Serikat di tahun 1945, yang menyatakan bahwa konsumsi air yang sesuai untuk orang dewasa adalah 2,5 liter setiap hari. Tapi menurut ahli diet Lembaga Penelitian Australia (CSIRO), Penny Taylor, sebenarnya tidak ada aturan baku dan instan mengenai berapa banyak air yang perlu kita minum. Berapa banyak air yang dibutuhkan bergantung pada berbagai faktor, seperti jenis kelamin, berat badan, dan seberapa banyak ativitas fisik yang kita lakukan.1 Lalu bagaimana cara mengetahui kebutuhan minum sudah tercukupi atau belum? Warna! Atau yang biasa para medis tanyakan “Kalau ke kamar mandi, tadi pipisnya warna apa?”. Tanpa kita sadari, warna urin itu sangatlah banyak sekali. Apa sajakah itu?2

     ok

Bening Transparan

Warna ini menandakan baik. Hal ini artinya air putih yang kita konsumsi lebih dari cukup. Tubuh kita terhidrasi dengan baik.

Kuning Pucat

Kesehatan tubuh kita dalam keadaan bagus dan normal. Warna ini adalah warna yang menandakan bahwa proses pencernaan kita dari mulai makanan yang masuk, kesehatan ginjal, usus besar, usus kecil, dan lainnya, bekerja dengan baik.

Jika urin kita berwarna kuning tua, sebaiknya memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini biasanya diartikan bahwa tubuh kita hampir mengalami dehidrasi pada batasnya. Namun lebih berbahaya lagi jika Urin kita sudah mengalami perubahan warna dari kuning tua menuju cokelat, sangat disarankan untuk kita memeriksakan diri ke rumah sakit.

Urin yang berwarna cokelat cenderung sebagai pertanda adanya masalah pada hati/liver kita. Hal ini disebabkan oleh fungsi hati yang berjalan tidak sebaik biasanya, maka garam empedu yang seharusnya dibuang melalui feses akan ikut larut yang tercampur dalam air seni.3

ok2

Pink Kemerah-Merahan

Terlihat seperti warna yang cukup unik, merah artinya berani bukan? Eits, tunggu dulu! Tidak untuk yang ini! Urin yang berwarna pink kemerahan bisa terjadi dari makanan atau minuman yang kita konsumsi. Sebab itu, ingatlah terlebih dahulu apakah memang sebelumnya kita mengkonsumsi makanan atau minuman dengan warna yang sama. Jika tidak, maka kita harus waspada! Urin berwarna merah dalam dunia medis dikenal dengan hematuria, yang artinya terdapat darah dalam urin. Adapun secara umum terjadinya perubahan urin berwarna merah ini mengindikasikan bahwa kita mungkin sedang terkena infeksi saluran kemih, batu ginjal, kanker prostat, dan lainnya. Berhati-hatilah!

Bagaimana dengan warna hijau, dan biru? Kebanyakan kedua warna ini muncul dari reaksi akan makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Apalagi, dengan obat-obatan maupun vitamin yang rutin dikonsumsi. Jika obat yang kita konsumsi berwarna sama, maka kemungkinan besar efek tersebut dihasilkan dari obat-obatan maupun vitamin yang kita konsumsi secara rutin.

Gelap (kehitam-hitaman)

Warna ini menandakan adanya kontraksi tubuh terhadap bahan-bahan kimia atau obat-obatan. Namun, ini juga dapat mengindikasikan bahwa tubuh kita sedang dalam keadaan tidak baik. Urin yang berwarna hitam atau gelap bisa menjadi indikasi dari beberapa akibat, seperti adanya batu ginjal, penyakit empedu, penyakit hati seperti hepatitis, sirosis, dan banyak kemungkinan lainnya. Jika urin kita sudah terlihat jauh dari indikasi warna normal, maka sangat disarankan untuk memeriksakan diri dengan segera.

Mengkonsumsi air putih sangatlah penting, mengetahui kondisi kesehatan melalui warnanya juga bahkan lebih penting. Kenali kesehatan kita melalui warna urin lebih dini!

Back To Home

Ditulis oleh : Dhian Lydia
Disunting oleh : Reza Pahlevi

8 tanggapan untuk “Air kencingmu, Hidup-Matimu”

  1. Trmksh buat share-nya yg informatif, ini adlh kali kedua sy mendapat info ini. Prtma, sy prnh melihat gambarnya melalui share tmn di grup WA. Kdua, melalui teks tertulis dr postingan di atas. Makin memperjelas tentunya. Mksh skli lg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s