Kesehatan, Lifestyle, News, Sosial

Ayo Daftar! Jangan Tunggu Sampai Celaka

Kegagalau.com – Siapa yang tidak pernah dengar BPJS? Iya, BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Sudahkah mendatarkan diri anda menjadi bagian di dalamnya?

Berdasarkan data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sampai dengan Maret 2017, dari 262 juta masyarakat Indonesia, hanya 175 penduduk yang sudah mendaftarkan dirinya sebagai bagian dari BPJS Kesehatan (JKN-KIS).

Dari sekian banyak kasus, masih saja ada masyarakat yang tidak peka untuk mendaftarkan dirinya menjadi bagian dalam BPJS Kesehatan. Banyak sekali kasus terjadi ketika kita atau bahkan beberapa keluarga di luar sana terserang penyakit dadakan, seperti jantung, asma, pecahnya pembuluh darah, dan beberapa serangan lainnya yang bisa saja merenggut nyawa. Biasanya, kejadian seperti ini akan langsung dibawa ke rumah sakit dan butuh tindakan secepatnya. Lalu apa yang terjadi jika tidak adanya BPJS Kesehatan? Keluarga tentunya harus siap menandatangani bahwa seluruh biaya secara tunai akan dibayarkan. Bayangkan saja, biaya kesehatan untuk penyakit serangan dadakan tidaklah begitu terjangkau. Hutang sana sini juga menjadi sebuah kesiapan mental, individual maupun keluarga.

Bagaimana dengan mereka yang sudah mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan? Mereka akan merasa lebih ringan. Pembayaran, di mana biaya kita didahulukan oleh biaya orang lain yang tidak berobat, namun kita secara rutin mengumpulkan, dan membayarkan uang kita kepada BPJS Kesehatan melalui pembayaran rekening tertuju pada BPJS Kesehatan.

Pada Maret 2016 lalu, pemerintah telah menerbitkan peraturan presiden (PerPres) 19/2016 tentang perubahan kedua atas perpres 12/2013 tentang jaminan kesehatan; Juncto peraturan presiden 28/2016 tentang perubahan ketiga atas perpres 12/2013 tentang jaminan kesehatan. Terdapat dua hal penting yang patut diketahui masyarakat. Pertama, perpres menyebutkan, besaran iuran khusus untuk peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU) kelas III sebesar Rp25.000, Kelas II Rp51.000 (Sebelunya Rp42.000), dan kelas I sebesar Rp80.000 (Sebelumnya Rp59.500).

Harga yang sudah ditentukan sesuai dengan perpres 2016 lalu, menjadi sebuah informasi bagi kita, bahwa untuk menjadi bagian di dalamnya tidaklah begitu rumit. Bahkan jika kita berfikir tentang mahalnya mendaftar di kelas I sebesar Rp80.000, maka daftar saja di kelas III sebesar Rp25.000. Tidak ada yang menjadi pembeda pada kasus ini. Jika suatu saat saya ataupun kamu yang dirawat di rumah sakit, “kelas” hanyalah pembeda ruangan. Percayalah, semua akan tetap diperlakukan sama dengan para tenaga kesehatan di rumah sakit di manapun kita dirawat.

Menyelamatkan diri sendiri bukanlah hal yang sulit. Bisa dikatakan, ini investasi kesehatan jangka panjang. Jika kamu takut menabung dan menghabiskan duit sendiri, maka menabung saja untuk kesehatan pada BPJS Kesehatan. Jika sesuatu terjadi di kemudian hari, maka biaya kita penanggulangan juga aman.

Mengacu pada peraturan di atas, apabila peserta JKN-KIS terlambat membayar iuran, maka tidak dikenakan denda keterlambatan iuran. Namun diberikan kompensasi hingga 1 bulan. Oleh karenanya, bagi peserta atau pemberi kerja yang menunggak iuran lebih dari 1 bulan, penjamin yang diberikan BPJS Kesehatan akan dihentikan sementara. Disarankan untuk membayar tepat pada waktunya sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Segera daftarkan diri secepatnya ke BPJS Kesehatan. Pilih kelas sesuai dengan budget pada kantong. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Investasi sekarang untuk menghindari hutang sana-sini di saat sakit.

Back To Home

Ditulis oleh : Dhian Lydia
Disunting oleh : Reza Pahlevi

Satu tanggapan untuk “Ayo Daftar! Jangan Tunggu Sampai Celaka”

  1. Setuju kalau asuransi kesehatan itu sangat penting dan sebagai tindakan antisipasi, kalau menurut mimin apakah asuransi jiwa sama pentingnya dengan asuransi kesehatan atau tidak “se-primer” asuransi kesehatan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s